Berita bmt itQan

EUROPEAN MICROFINANCE WEEK 2017 Kamis, 14 Desember 2017 07:13 WIB
EUROPEAN MICROFINANCE WEEK 2017

LUXEMBOURG, Ketua Pengurus Bmt itQan Adhy Suryadi S.P M.M, Menjadi salah satu pembicara pada acara Pekan Keuangan Mikro Eropa dengan tema Meningkatkan Implementasi Manajemen Kinerja Sosial yang dilaksankan di Luxembourg, Jerman (29/11-1/12/2017)

Pada hari pertama sesi konferensi di European Microfinance Week, para ahli dalam kinerja sosial dari lembaga keuangan mikro (LKM) membahas bagaimana alat yang dikembangkan selama sepuluh tahun terakhir telah mencapai tingkat kematangan yang menjamin peluncuran mereka yang lebih luas.


Cecile Lapenu dari Cerise yang berbasis di Prancis menggambarkan SPI4, pengulangan keempat dari seperangkat Indikator Kinerja Sosial yang dimaksudkan untuk mempermudah pelaporan dan menyediakan bahasa yang sama bagi pemangku kepentingan yang berbeda untuk membahas manajemen kinerja sosial (SPM). SPI4 memasukkan Prinsip Perlindungan Klien Smart Campaign dan Standar Universal Task Force Task Force untuk SPM. Ini juga mencakup modul opsional mengenai kemiskinan, gender dan lingkungan. Hingga saat ini, 432 audit SPI4 telah selesai di institusi di 88 negara.


Jurgen Hammer dari Grameen Credit Agricole Foundation yang berbasis di Luksemburg menjelaskan penggunaan kerangka kerja SPI4 / ALINUS (Aligning Investors Due Diligence to the Universal Standards) miliknya untuk mengevaluasi dan membandingkan kinerja sosial LKM mitra. Yayasan tersebut memenuhi atau melampaui data benchmark di semua kategori kecuali untuk pekerjaannya dengan LKM Tier-1 (besar). Dia menjelaskan bahwa ini tidak terlalu mengejutkan mengingat fokus yayasan lebih kuat pada LKM yang lebih kecil. Namun, hal itu menyebabkan organisasi mengevaluasi kembali bagaimana cara kerjanya dengan LKM yang lebih besar.


Kinga Dabrowska dari Microfinance Center (MFC), sebuah jaringan jaringan keuangan mikro berbasis Polandia, menjelaskan bahwa sejak tahun 2011 organisasinya telah mendanai upaya untuk memperbaiki SPM di bawah hibah dari Ford Foundation yang berbasis di AS. Ini termasuk bekerja dengan 15 investor dan membantu jaringan di 12 negara melakukan laporan kinerja sosial lokal. Secara umum, LKM memiliki pernyataan misi sosial yang baik, upaya pendidikan keuangan dan praktik perlindungan klien lainnya serta meningkatnya minat terhadap produk hijau. Namun, hal berikut relatif lemah: kekhususan tujuan sosial; pengukuran hasil dan dukungan masyarakat. Dengan basis satu-ke-satu, MFC menemukan bahwa bahkan LKM yang bersaing seringkali bersedia untuk berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan mereka di bidang perlindungan klien. Ms Dabrowska juga mencatat bahwa regulator mulai mengumpulkan data SPM sebagai bagian dari prosedur pemantauan standar mereka.


Alexis Lebel dari OpenCBS, penyedia software originasi pinjaman open source di Asia, menjelaskan bagaimana 180 pengguna perusahaannya dapat melacak indikator kinerja sosial seperti apakah anak-anak di sekolah dan orang tua menggunakan keuntungan publik. Laporan dapat disesuaikan untuk pembagian aman dengan karyawan, regulator, investor dan pemangku kepentingan lainnya. Perusahaan juga memiliki produk yang akan datang bagi investor yang akan memasukkan laporan SPM.


Adhy Suryadi dari Koperasi Syariah BMT itQan, sebuah koperasi Islam di Indonesia, mengatakan, "Kita harus memastikan bahwa kesejahteraan klien kita diukur." Dia menggambarkan penggunaan alat SPM organisasi tersebut sejak tahun 2016, dengan dukungan dari Organisasi Perburuhan Internasional PBB . BMT itQan memulai dengan SPI4 self-assessment dan menggunakan hasilnya untuk membangun elemen SPM ke dalam rencana bisnis 2017 organisasi. Saat ini sedang menerapkan enam dimensi Standar Universal untuk SPM secara bertahap.(sumber :Microcapital)


Ayo Berkoperasi Ayo bersyariah


Nisbah Deposito

Nisbah Simpanan Berjangka (SiJaka) untuk nasabah :
Jangka Waktu Nisbah Eq.Rate/per tahun
3 16% 9.6%
6 18% 10.8%
12 20% 12%
24 22% 13.2%

Simulasi Simpanan dan Deposito

  • Jenis Simpanan
    Jangka Waktu (Bulan)
    Nilai Simpanan Awal
    Nilai Simpanan Rutin (perbulan)
    Nisbah Bagi Hasil (%)
    Equivalent Rate (%)
    Estimasi Total yg Diterima


    Hasil yang diperoleh hanya simulasi, nilai sebenarnya bisa lebih kecil atau lebih besar

Financial Checkup

  • Cek Kesehatan Keuangan Anda disini

Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga

  • Cek Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga Anda disini

Statistik Pengunjung

bmt itQan Sosial Media
  • Join us on Facebook
  • Follow us on Twitter
Kantor bmt itQan

Jl Padasuka No. 160, RT 02 RW 03, Kelurahan Pasir Layung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kotamadya Bandung

022 - 7209247 022 - 7203042