Artikel bmt itQan

Koperasi Sebagai Sistem Ekonomi Berbagi ( The Real Sharing Economy) Senin, 06 Agustus 2018 07:18 WIB
Koperasi Sebagai Sistem Ekonomi Berbagi  ( The Real Sharing Economy)

Saat ini kita sering kali mendengar tentang sharing economy, apakah  itu ? Sharing economy atau disebut juga collaborative consumption adalah sebuah bentuk model bisnis baru yang didasarkan pada konsep berbagi sumber daya (shared resources). Dalam sistem  ekonomi berbagi berkumpulnya antara user-owner, model sharing economy yaitu ketika suatu perusahaan seakan-akan milik publik dan saling memberi manfaat antara perusahaan (pemilik Platform) dan pemilik sumber daya, contohnya Gojek dan Grab seolah-olah bahwa mereka adalah “perusahaan rakyat” padahal tidak demikian perusahaan itu masih dimiliki oleh kaum kapitalis. Ketika platform sharing economy masih dimiliki dan dioperasikan oleh organisasi kapitalis, maka platform tersebut akan diposisikan sebagai mesin keuntungan (profit machine), bukan sebagai alat distributor rezeki atau pemerataan pendapatan, mereka rela “bakar uang” diawal bisnis mereka untuk mendapatkan basis data yang banyak untuk kepentingan bisnis mereka yang berkelanjutan.

P
erusahaan koperasi berbeda dengan perusahaan kapitalistik, di dalam perusahaan koperasi  anggota bertindak sebagai principal dan agent-nya adalah pengelola (manajemen) yang terdiri dari pengawas, pengurus manajer/karyawan. Di era distrupsi saat ini seharusnya model ekonomi koperasi menemukan daya ungkitnya untuk bisa bangkit dan menjadi soko guru perekonomian bangsa, apalagi dukungan teknologi menjadikan komunikasi diantara anggota dan stake holder koperasi akan semakin baik karena mudah terhubung satu sama lain dan sangat membantu menjadikan koperasi sebagai perusahaan modern. Dengan ekonomi berbagi yang sesungguhnya yang melekat dalam jati diri perusahaan koperasi (semangat gotong royong) yakinlah bahwa pilihan badan usaha koperasi ini pilihan yang terbaik, cooperative economy sebagai sharing economy sebenarnya, akan terbukti berdaya tahan asalkan sumberdaya yang dimiliki dan dikendalikan oleh, dari dan untuk anggota ini dikelola dengan baik dan terus berinovasi, akan tumbuh dan berkembang dalam rangka mewujudkan misi bersama yaitu meningkatan perekonomian dan kesejahteraan bersama. Inilah uniknya koperasi karena penggunanya berperan sebagai pemilik,pelanggan,pengurus dan juga anggota, bukan saja berbagi tanggungjawab akan modal tapi juga berbagi keuntungan yang diperoleh dibagikan kepada anggota secara proporsional dan adil sesuai dengan tanggung jawab dan kontribusinya, ditambah benefit-benefit lain yang diperoleh anggota selain manfaat finansial.

Di Era modern seperti sekarang ini kinerja perusahaan koperasi akan sangat mudah dikontrol dan diawasi, ruang demokrasi bagi anggota dalam mengendalikan perusahaan koperasi semakin memungkinkan, kemudahan yang kita dapatkan dengan perkembangan teknologi dan internet saat ini menuntut kinerja perusahaan koperasi untuk semakin transparan, profesional dan akuntabel guna meningkatkan kepercayaan seluruh anggotanya.

Dalam perusahaan bisnis selain koperasi umumnya perusahaan itu bersifat personal yang dimiliki perorangan atau beberapa orang, aktivitas perusahaan sudah bisa dipastikan mencari laba atau profit sebesar-besarnya bagi si pemilik (profit oriented) maka disebut juga sebagai owning economy. Kontributor terbesar dalam modal suatu perusahaan maka dialah yang memiliki saham mayoritas dan hak suara yang dominan, selain berpotensi mendapatkan porsi keuntungan yang besar (deviden) juga pemilik saham mayoritas dapat menentukan arah kebijakan perusahaan.  Dalam ekonomi  koperasi, model ekonomi yang berwatak sosial  tidak dikenal saham mayoritas, keputusan tertinggi ada di rapat anggota, kalaupun ada sebagian anggota yang memiliki kontribusi modal yang cukup besar namun  tetap berlaku one member, one vote sehingga setiap keputusan yang sifatnya strategis ditentukan dan diputuskan secara musyawarah.

BMT itQan sebagai salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang berbadan hukum koperasi sudah barang tentu berikhtiar  menerapkan sistem ekonomi berbagi ini seadil mungkin, prinsip-prinsip dasar keuangan Islam juga kita terapkan diantaranya meliputi; berdasar atas nama Alloh dan rosulnya, berlaku adil, bebas dari eksploitasi, penerapan profit and loss sharing, bisnis harus yang halal, larangan perilaku spekulatif tidak boleh ada unsur perjudian dan yang pasti keberadaannya guna membantu masyarakat lemah (taawun). Kami berikhtiar tanggung jawab sosial yang lebih dikedepankan daripada  profitabilitas semata, prinsip-prinsip inilah yang mendasari dan menjadi pegangan kami dalam pengembangan koperasi ke depan. Dengan penerapan prinsip-prinsip syariah sebagaimana mestinya diharapkan BMT itQan akan mampu memperbaiki kualitas hidup anggotanya sehingga  lepas dari lingkaran kemiskinan (sosial benefit) menuju kehidupan yang lebih sejahtera....semoga.


Yudi Haryadi S.E, M.M


Alumnus IKOPIN
Dosen STAIM Bandung
Dewan Pengawas KSPPS BMT ITQAN

Nisbah Deposito

Nisbah Simpanan Berjangka (SiJaka) untuk nasabah :
Jangka Waktu Nisbah Eq.Rate/per tahun
3 14% 7%
6 16% 8%
12 19% 10%
24 20% 12%

Rekening Bank

1110003379
1110003379
a.n KOPERASI BMT ITQAN
1460001435
1460001435
a.n KOPERASI BMT ITQAN
7050050027
7050050027
a.n KOPERASI BMT ITQAN
0341314599
0341314599
a.n KOPERASI SYARIAH BMT ITQAN
247800000272
247800000272
a.n KOPERASI BMT ITQAN
860003948300
860003948300
a.n BAITUL MAAL WA TAMWIL ITQAN

Simulasi Simpanan dan Deposito

  • Jenis Simpanan
    Jangka Waktu (Bulan)
    Nilai Simpanan Awal
    Nilai Simpanan Rutin (perbulan)
    Nisbah Bagi Hasil (%)
    Equivalent Rate (%)
    Estimasi Total yg Diterima


    Hasil yang diperoleh hanya simulasi, nilai sebenarnya bisa lebih kecil atau lebih besar

Financial Checkup

  • Cek Kesehatan Keuangan Anda disini

Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga

  • Cek Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga Anda disini

Statistik Pengunjung

bmt itQan Sosial Media
  • Join us on Facebook
  • Follow us on Twitter
Kantor bmt itQan

Jl Padasuka No. 160, RT 02 RW 03, Kelurahan Pasir Layung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kotamadya Bandung

022 - 7209247 022 - 7203042