Artikel bmt itQan

Pemasaran Berbasis Komunitas Rabu, 04 Juli 2018 03:24 WIB
Pemasaran Berbasis Komunitas

Saat ini dunia usaha mengalami tingkat persaingan yang tinggi, termasuk di dunia industri keuangan mikro. Kedatangan Teknologi Finansial atau Tekfin, merupakan ancaman bagi industri keuangan konvensional. Salah satu strategi untuk memenangkan persaingan di era ini adalah pemasaran berbasis komunitas. Pemasaran berbasis komunitas adalah suatu upaya meningkatkan pangsa pasar dan kedalaman pasar dengan memanfaatkan suatu komunitas, baik berdasarkan wilayah, hobi dan Agama.

Perusahaan-perusahaan sekelas Nike, Starbucks, Google memilih pemasaran berbasis komunitas sebagai cara yang lebih efektif biaya dan hasil. Apa kelebihan pemasaran berbasis komunitas ? 
1. Mengurangi Biaya; jelas karena dengan berbasis komunitas kita dapat memanfaatkan kedekatan emosional sehingga tidak memerlukan riset pasar yang mahal dan iklan-iklan berbiaya jor-joran. Bahkan kita bisa memanfaatkan salah satu tokoh masyarakat dari komunitas tersebut sebagai juru bicara dan agen pemasaran kita. 
2. Komunitas menumbuhkan loyalitas; manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Mereka ingin mendapatkan pengakuan dan kedekatan dengan orang yang mempunyai kesamaan tertentu. Kesamaan kepentingan tersebutlah yang apabila mampu dimanfaatkan oleh Koperasi, dapat meningkatkan loyalitas baik kepada komunitas maupun kepada koperasinya. Karena pada hakikatnya koperasi adalah milik anggotanya 
3. Komunitas meningkatkan inovasi dan mempertahankan otentisitas ; bisnis yang berkembang dengan komunitas akan mampu berubah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi komunitas tersebut. Sehingga Koperasi pun yang tumbuh dengan komunitas akan selalu inovatif dan mempunyai produk dan layanan yang khas komunitas tersebut 
4. Komunitas mendorong reinvention alami ; Sebuah bisnis seringkali mengalami perubahan-perubahan besar karena tuntutan zaman. Bisnis yang berbasis komunitas akan mampu mendorong reinvention alami karena pada saat-saat sulit orang membutuhkan dukungan dan dengan adanya komunitas, maka solusi-solusi kreatif dapat ditumbuhkan. Sehingga pelanggan bisnis tersebut akan semakin loyal terhadap perusahaan.

Berdasarkan uraian di atas, Koperasi Syariah BMT itQan yang pada hakikatnya adalah badan usaha yang dimiliki dan dimanfaatkan layanannya oleh anggota sudah memiliki sumber daya yaitu anggota itu sendiri. Masalahnya, saat ini anggota Koperasi Syariah BMT itQan belum benar-benar mempunyai ikatan emosional yang tinggi baik dengan sesama anggota maupun dengan lembaga koperasi itu sendiri.

Pola-pola pemasaran berbasis komunitas, perlu ditingkatkan untuk memperoleh manfaat jangka panjang baik bagi komunitas maupun Koperasi Syariah BMT itQan. Di Koperasi Syariah itQan sendiri sebenarnya sudah banyak komunitas berdasarkan wilayah, pekerjaan, hobi, majelis taklim dsb. Tinggal upaya dari kita selaku pengelola dan anggota bagaimana menumbuhkan rasa memiliki anggota terhadap koperasi. Bagaimana agar manfaat berkoperasi nyata dan terasa (kahartos karaos kabantos). Upaya kita meningkatan hubungan emosional dengan anggota mutlak diperlukan. Sehingga ke depan, acara-acara yang melibatkan anggota perlu ditingkatkan.

Penulis mendapatkan inspirasi ketika pada satu acara di GAKOPSYAH bertanya pada mantan karyawan dan pejabat BRI, Apa yang menjadi faktor keunggulan BRI sehingga mampu menjadi Lembaga Keuangan Mikro terbesar di Dunia? Salah satu kuncinya adalah kemampuan memahami komunitas dimana BRI berada. Mereka menggunakan pendekatan rentenir, bagaiman seorang rentenir di suatu pasar begitu memahami komunitas pasar tersebut, sehingga dia paham betul siapa pedangan berkarakter baik dan siapa yang berkarakter buruk. Dia tidak akan memberi pinjaman kepada pedagang yang berkarakter boros dan suka ngutang dan dia tahu betul karena setiap hari selama bertahun-tahun dia paham betul komunitas tersebut. Dan hal ini diterapkan di BRI dengan memanfaatkan mantri BRI yang bertugas memasarkan produk BRI door to door setiap hari. Mantri-mantri BRI inilah yang menjadi ujung tombak pemasaran BRI sehingga paham betul dengan karakter orang yang ada di komunitas wilayah tersebut.

Satu lagi pengalaman penulis ketika melakukan studi banding ke Koperasi Setia Budi Wanita di Malang, Jawa Timur. Koperasi Wanita SBW telah melakukan pemasaran berbasis komunitas yang memberikan pengaruh siginifikan bagi pertumbuhan dan loyalitas anggota kepada Koperasi. Aktivitas dan Pelatihan yang ditujukan kepada anggota sangat banyak dan jauh lebih banyak dibandingkan pelatihan bagi pengelola. Hal inilah yang membuat anggota begitu solid dan loyal kepada koperasi, bahkan untuk kebutuhan membangun gedung Kopwan SBW menawarkan iuran gedung kepada seluruh anggota dalam bentuk Simpanan Wajib Gedung sebesar Rp. 1.250.000 per anggota. Saat ini mereka mempunyai rencana pembelian tanah di sebelah gedung kopwan SBW tersebut karena lahan parkir untuk keperluan anggota yang berkunjung di Kopwan SBW sudah tidak memadai, untuk itu Kopwan SBW menawarkan Simpanan Wajib pembelian tanah Rp 750.000 per anggota.

Kita berharap pemasaran berbasis komunitas ini dengan program SIMPAYAKUN (Simpanan dan Pembiayaan Berbasis Komunitas) ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. Adalah peran kita untuk selalu memasarkan Koperasi Syariah BMT itQan ini dilingkungan terdekat dengan kita sehingga manfaat koperasi dapat dirasakan oleh sebanyak-banyaknya masyarakat. Dengan demikian Koperasi Syariah BMT itQan bisa menjadi kendaraan anggota untuk bukan hanya kesejahteraan dunia tetapi juga kesejahteraan akhirat. Ayo Berkoperasi, ayo bersyariah.


Adhy Suryadi,
Ketua Pengurus Koperasi Syariah BMT itQan



Nisbah Deposito

Nisbah Simpanan Berjangka (SiJaka) untuk nasabah :
Jangka Waktu Nisbah Eq.Rate/per tahun
3 14% 7%
6 16% 8%
12 19% 10%
24 20% 12%

Rekening Bank

1110003379
1110003379
a.n KOPERASI BMT ITQAN
1460001435
1460001435
a.n KOPERASI BMT ITQAN
7050050027
7050050027
a.n KOPERASI BMT ITQAN
0341314599
0341314599
a.n KOPERASI SYARIAH BMT ITQAN
247800000272
247800000272
a.n KOPERASI BMT ITQAN
860003948300
860003948300
a.n BAITUL MAAL WA TAMWIL ITQAN

Simulasi Simpanan dan Deposito

  • Jenis Simpanan
    Jangka Waktu (Bulan)
    Nilai Simpanan Awal
    Nilai Simpanan Rutin (perbulan)
    Nisbah Bagi Hasil (%)
    Equivalent Rate (%)
    Estimasi Total yg Diterima


    Hasil yang diperoleh hanya simulasi, nilai sebenarnya bisa lebih kecil atau lebih besar

Financial Checkup

  • Cek Kesehatan Keuangan Anda disini

Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga

  • Cek Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga Anda disini

Statistik Pengunjung

bmt itQan Sosial Media
  • Join us on Facebook
  • Follow us on Twitter
Kantor bmt itQan

Jl Padasuka No. 160, RT 02 RW 03, Kelurahan Pasir Layung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kotamadya Bandung

022 - 7209247 022 - 7203042