Artikel bmt itQan

Rumus Sukses Berkoperasi Jum'at, 02 Maret 2018 03:23 WIB
Rumus Sukses Berkoperasi

K4=M4K4


Ada satu yang menarik pada Bimbingan Teknis yang dilakukan oleh Dinas Koperasi beberapa waktu yang lalu. Salah satu pembicara yaitu Bapak Prof. Andang menyampaikan satu hal yang menarik, yaitu rumusan kunci sukses dalam berkoperasi. Rumus beliau sampaikan adalah K4=M4K4. Apa itu K4, K4 adalah singkatan dari Kemajuan Keberhasilan dan Keberkahan Koperasi. K4 ditentukan oleh M4 dan K4.

Apa itu M4, M4 adalah singkatan dari: M pertama Modal berbasis kekuatan anggota. Koperasi akan berhasil apabila memiliki sumber dana atau finansial yang berasal dari partisipasi aktif para anggotanya. M yang kedua adalah Manfaat koperasi nyata dan terasa. Artinya keberadaan koperasi benar benar dirasakan manfaatnya oleh anggota baik dari jasa keuangan  (simpanan, investasi, pembiayaan, taawun dan jasa pembayaran )  maupun jasa non keuangannya seperti pendidikan, pelatihan, pendampingan dll. M yang ketiga adalah Manajemen koperasi yang berkesesuaian. Artinya koperasi dikelola sesuai dengan UU dan peraturan lainnya serta dikelola secara profesional . M yang keempat adalah Mampu memilah yang halal dan yang haram serta hanya memilih yang halal saja.


K4 sendiri juga adalah singkatan. K yang pertama adalah Kontraktual anggota sebagai pemilik. Artinya seseorang  ketika mendaftar sebagai anggota koperasi berarti ia telah mengikatkan diri terhadap Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Peraturan Koperasi lainnya. K yang kedua adalah Komitmen anggota sebagai pengguna jasa atau pelanggan koperasi. Artinya anggota mempunyai kesadaran dan komitmen yang kuat untuk membesarkan koperasi dengan membeli produk dan jasa yang dikembangkan oleh koperasi. K yang ketiga adalah Kontraktual anggota sebagai pengguna. Artinya koperasi hendaknya memiliki kontrak dengan anggota agar anggota secara rutin menyimpan dan berinvestasi di koperasi seperti simpanan wajib, simpanan rencana dll. Serta  anggota juga selalu mematuhi kontrak (akad) pembiayaan dengan koperasi. K yang terakhir adalah Kerjasama  antar koperasi dan dengan perusahaan lainnya. Koperasi akan menjadi lebih besar apabila selalu melihat peluang untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan koperasi lainnya atau perusahaan lainnya.


Melihat uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan jatidiri koperasi sebagai badan usaha bersama milik anggota akan menjadi lebih baik, lebih besar dan lebih berkah apabila menjalankan sesuai prinsip prinsip berkoperasi. Pertanyaannya adalah seberapa kuat komitmen dan pelaksanaan rumusan koperasi sebagaimana di atas dalam koperasi/BMT kita ?.

Ayo berkoperasi ! Ayo bersyariah !


Adhy Suryadi 

Pegiat Koperasi dan BMT

Ketua BMT itQan dan Gabungan Koperasi Syariah (GAKOPSYAH) JABAR

Nisbah Deposito

Nisbah Simpanan Berjangka (SiJaka) untuk nasabah :
Jangka Waktu Nisbah Eq.Rate/per tahun
3 14% 7%
6 16% 8%
12 19% 10%
24 20% 12%

Simulasi Simpanan dan Deposito

  • Jenis Simpanan
    Jangka Waktu (Bulan)
    Nilai Simpanan Awal
    Nilai Simpanan Rutin (perbulan)
    Nisbah Bagi Hasil (%)
    Equivalent Rate (%)
    Estimasi Total yg Diterima


    Hasil yang diperoleh hanya simulasi, nilai sebenarnya bisa lebih kecil atau lebih besar

Financial Checkup

  • Cek Kesehatan Keuangan Anda disini

Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga

  • Cek Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga Anda disini

Statistik Pengunjung

bmt itQan Sosial Media
  • Join us on Facebook
  • Follow us on Twitter
Kantor bmt itQan

Jl Padasuka No. 160, RT 02 RW 03, Kelurahan Pasir Layung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kotamadya Bandung

022 - 7209247 022 - 7203042